$type=ticker$cols=4$label=hide$show=post

[Edisi Terbaru]_$type=three$m=0$rm=0$h=420$c=3$snippet=hide$label=hide$show=home

Ukuran Kemakmuran Masjid Menurut Standar Sunnah


(إِنَّمَا یَعۡمُرُ مَسَـٰجِدَ ٱللَّهِ مَنۡ ءَامَنَ بِٱللَّهِ وَٱلۡیَوۡمِ ٱلۡـَٔاخِرِ وَأَقَامَ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتَى ٱلزَّكَوٰةَ وَلَمۡ یَخۡشَ إِلَّا ٱللَّهَۖ فَعَسَىٰۤ أُو۟لَـٰۤىِٕكَ أَن یَكُونُوا۟ مِنَ ٱلۡمُهۡتَدِینَ)

 Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta (tetap) melaksanakan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada apa pun) kecuali kepada Allah. Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk. [Surat At-Taubah 18]

  
Secara bahasa (arab) masjid berasal dari kata kerja "sajada", dalam bentuk "isim makan" (nama tempat) berubah menjadi "masjid" yang berarti tempat sujud. Sujud juga berarti shalat, karena salah satu dari gerakan shalat itu adalah sujud, yaitu meletakan jidat atau kening di lantai sebagai bentuk kesadaran, kesetiaan dan penyerahan diri secara total  seorang hamba kepada Allah SWT. Tidak ada suatu makhlukpun yang boleh manusia melakukan sujud dengan merendahkan dan menundukkan kepalanya, kecuali hanya kepada Allah SWT.

Secara istilah, melihat kepada fungsi masjid di masa Rasulullah, maka masjid adalah pusat ibadah, gerakan dakwah dan pusat peradaban Islam dan pembinaan umat Islam menuju terwujud masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

FUNGSI DAN KEMAKMURAN MASJID

Berdasarkan makna dan pengertian masjid di atas, baik secara bahasa maupun menurut istilah, maka fungsi masjid paling tidak sebagai berikut:

  1. Tempat shalat berjamaah lima kali sehari semalam, termasuk tempat penyelenggaraan shalat jumat sekali dalam sepekan.
  2. Tempat menyelenggarakan kegiatan tabligh, pengajian dan pengembangan ilmu pengetahuan dalam bentuk kegiatan pendidikan dan sebagainya.
  3. Sebagai markas dakwah, tempat merencanakan, mengatur serta mempersiapkan gerakan dakwah yang lebih luas.
  4. Sebagai tempat pengumpulan dan pendistribusian ZISHWA (Zakat, Infaq, Shadaqah, Hibah, Washiyat dan. Waqaf) untuk kesejahteraan umat dan kemajuan dakwah.
  5. Sebagai tempat pelayanan sosial, poliklinik kesehatan, santunan yatim dan dhuafa, penyelenggaraan jenazah dan kegiatan sosial lainnya. 

Memakmurkan masjid bukan sebatas memfungsikannya sebagai tempat pelaksanaan ibadah shalat jamaah dan shalat Jum'at. Masjid harus berfungsi sebagai pusat kemaslahatan masyarakat pada setiap situasi dan kondisi. Masjid sesuai standardisasi Sunnah adalah masjid yang memiliki kesiapan untuk mengatasi berbagai problem sosial dan keumatan. 

Pada saat negeri dilanda mushibah termasuk wabah penyakit menular, masjid harus ikut aktif dalam memberikan bimbingan kepada jamaah dan umat bagaimana menghadapi dan menyikapinya sesuai petunjuk Al Quran dan As Sunnah. 

Bukan sebatas bimbingan, tetapi juga harus siap membantu jamaah dan umat yang terpapar penyakit menular, memberikan dukungan kepada keluarganya, dan termasuk juga dukungan dan bantuan kepada keluarga yang terpapar kekurangan logistik berupa obat-obatan dan pangan minimal di lingkungan masjid atau jamaah. 

Jadi kemakmuran sebuah masjid tidak hanya diukur hanya sebatas pada pelaksanaan shalat berjamaah dan shalat jumat serta pengajian, tetapi lebih dari itu dari seberapa besar kemampuan masjid dan fasilitas yang tersedia melayani kepentingan jamaah dan masyarakat. 

SIMPULAN 

Ukuran sederhana kemakmuran masjid di sebuah negeri dapat dilihat dan diukur dari antuasisme atau semangat masyarakat mendukung berbagai kegiatan dan kepentingan masjid, serta peran dan kesiapan masjid untuk melayani kepentingan masyarakat. Ketika masjid mementingkan umat, maka umat insya Allah akan mementingkan masjid. Masjid akan dijauhi umat ketika umat tidak merasakan manfaat keberadaan masjid dalam memberikan bimbingan, dukungan dan bantuan dalam menghadapi berbagai persoalan umat. 

Wallahu a'lamu bishahawab. 

Risman Muchtar

KOMENTAR

Nama

Buya Risman,36,Edisi Terbaru,14,Ekonomi Islam,7,Ghazwul Fikri,6,Infografis,2,Khazanah,8,Kolom,70,Mutiara Takwa,5,Opini,7,Sains,4,Sajian Khusus,17,Sajian Utama,25,
ltr
item
Majalah Tabligh: Ukuran Kemakmuran Masjid Menurut Standar Sunnah
Ukuran Kemakmuran Masjid Menurut Standar Sunnah
https://1.bp.blogspot.com/-SRAIUStWYTA/XossU3LUCoI/AAAAAAAAAvo/Q6CEL5ukBOUKFPqociblVmPNmOOnzYiDACLcBGAsYHQ/s320/Buya-Risman-santuy.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-SRAIUStWYTA/XossU3LUCoI/AAAAAAAAAvo/Q6CEL5ukBOUKFPqociblVmPNmOOnzYiDACLcBGAsYHQ/s72-c/Buya-Risman-santuy.jpg
Majalah Tabligh
https://www.majalahtabligh.com/2020/03/ukuran-kemakmuran-masjid-menurut.html
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/2020/03/ukuran-kemakmuran-masjid-menurut.html
true
945971881399728876
UTF-8
Muat semua Tidak ditemukan TAMPILKAN SEMUA Baca lagi Jawab Cancel reply Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Tampilkan semua Rekomendasi untuk Anda UPDATE ARSIP CARI SEMUA POS Not found any post match with your request Kembali Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy