$type=ticker$cols=4$label=hide$show=post

[Edisi Terbaru]_$type=three$m=0$rm=0$h=420$c=3$snippet=hide$label=hide$show=home

Fuqara : Mereka Yang Memiliki Harga Diri dan Tidak Mengeluh

Mujahid dakwah, di saat orang-orang sibuk dengan urusan bisnis, urusan politik dan urusan duniawiyah lainnya, mereka sibuk dengan urusan dakwah. Para mujahid dakwah ini berdakwah  bukan di Masjid Kantor atau Masjid perusahaan atau instansi,  dan juga bukan di media mainstream, apalagi di Masjid-Masjid yang besar di Kompleks elit, tetapi mereka berdakwah di Masjid-Masjid kecil di daerah marjinal perkotaan, kadang-kadang juga di daerah elit (ekonomi sulit). Jangankan dikasih sangu atau uang saku, habis ceramah malah mereka pulang sambil naik motor butut dan berfikir bagaimana harus tetap melanjutkan dakwah, agar tabligh jalan terus. 

Mereka adalah para muballigh elitis (ekonomi sulit dan kritis), bukan mereka tidak bisa berusaha seperti orang-orang lain, bukan karena mereka tidak berilmu dan bukan juga karena mereka tidak punya ketrampilan yang bisa dikembangkan, tetapi mereka memang telah memilih jalan dakwah, jalan para utusan Allah untuk ambil bagian tanggung jawab dakwah di tengah sebagian umat dan orang-orang berilmu tidak lagi mementingkan urusan dakwah. 

Mereka ada di mana-mana, ada di kota, di pinggiran kota, di desa-desa yang jauh di pelosok negeri, mereka berada di tengah masyarakat yang jauh dari kemajuan teknologi, belum ada transportasi, ke mana-mana harus jalan kaki. Keberadaan dan kehadiran mereka sangat diperlukan oleh masyarakat, mereka memberikan ceramah dan khutbah jumat, jauh atau dekat, mereka kunjungi dengan semangat jihad, hanya dengan satu tekad, yaitu untuk membimbing umat agar selamat dunia akhirat. 

Mereka selama ini sudah terbiasa dengan kesusahan, hidup dalam kemiskinan, tetapi dakwah tetap mereka jalankan, masjid mereka makmurkan. Bagi mereka hanya ada satu kata, tiada hari tanpa dakwah, istiqamah dalam berdakwah, misi mereka adalah menegakkan dan menjunjung tinggi agama Islam, sedangkan visi dakwahnya; terwujudnya masyarakat Islam yang sebenar-benarnya. 

Hari-hari ini mereka memang mulai terkapar, jamaahnya sudah banyak yang lapar, malah sudah mulai ada yang busung lapar, anak isteri mulai tergelepar karena sering terlantar. Mereka harus banyak bersabar, virus Covid-19 sudah menyebar, jamaah terpaksa bubar, supaya tidak tertular. 

Sekarang mereka juga harus stay at home, karena aktifitas terpaksa vakum. Kegiatan yang sudah terjadwal, semuanya menjadi batal. Mereka mujahid dakwah yang sering terlupakan, nasib mereka sering terabaikan. Perjuangan mereka jarang sekali mendapatkan penghargaan apalagi pujian. 

Mereka tiba-tiba menjadi fuqara, tetapi banyak orang yang tidak menyangka, sehingga hidup mereka telunta-lunta, mau meminta tidak terbiasa, mau mengadu kepada siapa.

Wahai para hartawan, yang punya kelebihan rezeki, anugerah Tuhan harus dibagi , inilah saatnya kita saling menyantuni. Marwah para pejuang dakwah kita pelihara, berikan hak mereka, agar mereka tidak meminta, mereka membutuhkan kepedulian orang yang punya, karena mereka harus setia, meneruskan mengajak masyarakat agar selalu bertakwa, dalam situasi dan kondisi bagaimanapun juga. 

Allah SWT berkata:
(لِلۡفُقَرَاۤءِ ٱلَّذِینَ أُحۡصِرُوا۟ فِی سَبِیلِ ٱللَّهِ لَا یَسۡتَطِیعُونَ ضَرۡبࣰا فِی ٱلۡأَرۡضِ یَحۡسَبُهُمُ ٱلۡجَاهِلُ أَغۡنِیَاۤءَ مِنَ ٱلتَّعَفُّفِ تَعۡرِفُهُم بِسِیمَـٰهُمۡ لَا یَسۡـَٔلُونَ ٱلنَّاسَ إِلۡحَافࣰاۗ وَمَا تُنفِقُوا۟ مِنۡ خَیۡرࣲ فَإِنَّ ٱللَّهَ بِهِۦ عَلِیمٌ)
(Apa yang kamu infakkan) adalah untuk orang-orang fakir yang terhalang (usahanya karena jihad) di jalan Allah, sehingga dia yang tidak dapat berusaha di bumi; (orang lain) yang tidak tahu, menyangka bahwa mereka adalah orang-orang kaya karena mereka menjaga diri (dari meminta-minta). Engkau (Muhammad) mengenal mereka dari ciri-cirinya, mereka tidak meminta secara paksa kepada orang lain. Apa pun harta yang baik yang kamu infakkan, sungguh, Allah Maha Mengetahui. [Q.S. Al-Baqarah: 273]

Semoga para pemimpin dan tokoh masyarakat serta para pemegang amanah umat, para dermawan dan hartawan, dukung mereka agar dakwah tetap bersinar, Islam tetap tersiar, di seluruh negeri dakwah tetap gencar, menjadi mercusuar agar umat tidak kesasar, insya Allah. 

Nashrun Minallahi Wa Fathun Qarieb!

Risman Muchtar

KOMENTAR

BLOGGER: 1
  1. Assalamualaikum..KH.Buya Risman Ini.
    betul2 Pemimpin Muballigh /mujahid Dakwah..kita doakan semoga tetap sehat dan himbauannya didengar oleh para aghniya dan pemimpin lain yg memiliki kelebihan harta untuk mengeluarkan zakatnya dan sebagian hartanya untuk diinfaqkan
    ..untuk kelancaran dakwah..

    BalasHapus

Nama

Buya Risman,36,Edisi Terbaru,14,Ekonomi Islam,7,Ghazwul Fikri,6,Infografis,2,Khazanah,8,Kolom,70,Mutiara Takwa,5,Opini,7,Sains,4,Sajian Khusus,17,Sajian Utama,25,
ltr
item
Majalah Tabligh: Fuqara : Mereka Yang Memiliki Harga Diri dan Tidak Mengeluh
Fuqara : Mereka Yang Memiliki Harga Diri dan Tidak Mengeluh
https://1.bp.blogspot.com/-_JswSEbeXNg/Xo2E81XNSyI/AAAAAAAAAxY/jz4kB4gpar0M4OxarVzlN38et01JM0SqwCPcBGAYYCw/s320/Risman%2BMuchtar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_JswSEbeXNg/Xo2E81XNSyI/AAAAAAAAAxY/jz4kB4gpar0M4OxarVzlN38et01JM0SqwCPcBGAYYCw/s72-c/Risman%2BMuchtar.jpg
Majalah Tabligh
https://www.majalahtabligh.com/2020/04/mereka-yang-memiliki-harga-diri-dan-tidak-mengeluh.html
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/2020/04/mereka-yang-memiliki-harga-diri-dan-tidak-mengeluh.html
true
945971881399728876
UTF-8
Muat semua Tidak ditemukan TAMPILKAN SEMUA Baca lagi Jawab Cancel reply Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Tampilkan semua Rekomendasi untuk Anda UPDATE ARSIP CARI SEMUA POS Not found any post match with your request Kembali Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy