$type=ticker$cols=4$label=hide$show=post

[Edisi Terbaru]_$type=three$m=0$rm=0$h=400$c=3$snippet=hide$label=hide$show=home

Penyakit Tidak Menular, Pembunuh Terbesar


Ada penyebab kematian sangat besar di dunia dengan jumlah signifikan mencapai 41.000.000 setiap tahun. Ternyata ia adalah penyakit tidak menular (PTM) pembunuh terbesar di dunia; lebih dahsyat dibanding Covid-19, harus dijadikan musuh juga.
Diantaranya, 8,6 juta penderita gangguan mental yang meninggal setiap tahun di seluruh dunia. Bahkan, ada 6 jenis penyakit tidak menular yang paling banyak menyebabkan kematian.
Penyakit tidak menular (PTM) adalah jenis penyakit yang tidak dapat ditularkan dari orang ke orang melalui bentuk kontak apa pun. Meski demikian, beberapa macam penyakit tidak menular tersebut memiliki angka kematian yang cukup tinggi.
Angka kematian akibat penyakit tidak menular tergolong tinggi. Berdasarkan data dari WHO di tahun 2018, diperkirakan ada sekitar 41 juta orang yang meninggal akibat penyakit tidak menular setiap tahunnya. Data tersebut menunjukkan bahwa hampir 71% angka kematian di seluruh dunia disebabkan oleh penyakit tidak menular.
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, diperkirakan sedikitnya ada 1,4 juta orang meninggal setiap tahunnya akibat penyakit tidak menular. Kebanyakan penyakit tidak menular bersifat menahun (penyakit kronis).
Penyakit tidak menular juga lebih berisiko terjadi pada orang yang memilki gaya hidup kurang sehat, misalnya: kurang olahraga, kebiasaan merokok, konsumsi alkohol, dan makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji, dll.

6 JENIS PTM DENGAN ANGKA KEMATIAN TINGGI
PTM dapat menyerang semua organ tubuh. Oleh karena itu, ada banyak jenis penyakit tidak menular yang bisa terjadi. Namun, dari sekian banyak jenis penyakit tersebut, ada beberapa penyakit yang berisiko tinggi menyebabkan kematian, yaitu:
1. Penyakit kardiovaskular
Penyakit kardiovaskular adalah sekelompok penyakit pada jantung dan pembuluh darah. Penyakit jantung dan pembuluh darah merupakan kategori penyakit kronis penyebab kematian nomor satu di dunia. Munculnya penyakit ini berhubungan erat dengan tekanan darah tinggi, obesitas, serta aterosklerosis.
 2. Diabetes
Diabetes merupakan penyakit tidak menular kronis yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi. Diabetes bisa disebabkan oleh faktor keturunan dan gaya hidup kurang sehat, seperti jarang olahraga, dan sering mengonsumsi makanan tinggi gula dan berlemak.
3. Kanker
Kanker merupakan penyakit tidak menular dengan angka kematian tertinggi kedua setelah penyakit jantung dan pembuluh darah.
4. Gangguan pernapasan kronis
Gangguan pernapasan kronis merupakan salah satu penyakit tidak menular yang masih banyak terjadi di Indonesia. Penyakit ini paling sering terjadi akibat kebiasaan merokok, paparan asap rokok, atau sering menghirup udara kotor yang tercemar polusi.
5. Penyakit ginjal
Ada beberapa macam penyakit ginjal. Dua di antaranya yang paling banyak menyebabkan kematian adalah penyakit ginjal kronis dan gagal ginjal akut. WHO memperkirakan ada sekitar 5–10 juta orang yang meninggal akibat penyakit ginjal di seluruh dunia setiap tahunnya.
6. Gangguan mental
Ganggguan mental merupakan salah satu penyakit tidak menular yang sering kali dianggap tidak serius. Hal ini dikarenakan masih banyaknya orang yang kurang memahami atau bahkan memberikan stigma terhadap masalah kesehatan mental.
Menurut WHO, angka kematian akibat gangguan jiwa cukup tinggi. Diperkirakan setidaknya ada 8,6 juta penderita gangguan mental yang meninggal setiap tahun di seluruh dunia.
Dari sekian banyak jenis gangguan mental yang ada, beberapa yang paling sering menyebabkan tkematian dini adalah depresi berat, skizofrenia, dan gangguan bipolar. Sebagian besar penyebab kematian pada penderita gangguan mental adalah bunuh diri dan penyalahgunaan narkoba.
(Sumber: Tulisan dr. Kevin Adrian, yang diperbarui: 27 Maret 2020)
Penutup
Faktor penyebab utama semua penyakit adalah mengabaikan petunjuk dan peringatan Allah SWT; antara lain:
  1. Konsumsi makanan berlebihan (israf), dilarang oleh Allah SWT.
  2. Merokok (haram) merusak diri dan orang lain.
  3. Konsumsi alkohol (haram), merusak akal, merusak kesehatan, memicu permusuhan dan merusak ekonomi.
  4. Hidup bebas dan jauh dari bimbingan dan petunjuk allah SWT.
  5. Jauh dari sumber kebenaran dan keselamatan yaitu: Allah Maha Pencipta, Allah Maha Kuasa dan Allah Maha Pemelihara semesta alam.

Semoga menjadi bahan renungan untuk selalu mencari dan berusaha menempuh jalan yang BENAR dan menyelamatkan di dunia dsn akhirat, yaitu DINUL ISLAM.
Nashrun Minallahi Wa Fathun Qarieb

Jakarta, 15 April 2020

Risman Muchtar


KOMENTAR

Nama

Buya Risman,26,Edisi Terbaru,12,Ekonomi Islam,7,Ghazwul Fikri,6,Khazanah,8,Kolom,57,Mutiara Takwa,5,Opini,7,Sains,4,Sajian Khusus,17,Sajian Utama,23,
ltr
item
Majalah Tabligh: Penyakit Tidak Menular, Pembunuh Terbesar
Penyakit Tidak Menular, Pembunuh Terbesar
https://1.bp.blogspot.com/-J8ntCACSQ3k/Xo2Alu6vOnI/AAAAAAAAAw8/BS2tQMO5W2Mxyyr9id1W76pwwGNirkoUQCPcBGAYYCw/s320/Risman%2BMuchtar.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-J8ntCACSQ3k/Xo2Alu6vOnI/AAAAAAAAAw8/BS2tQMO5W2Mxyyr9id1W76pwwGNirkoUQCPcBGAYYCw/s72-c/Risman%2BMuchtar.jpg
Majalah Tabligh
https://www.majalahtabligh.com/2020/04/penyakit-tidak-menular-pembunuh-terbesar.html
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/2020/04/penyakit-tidak-menular-pembunuh-terbesar.html
true
945971881399728876
UTF-8
Muat semua Tidak ditemukan TAMPILKAN SEMUA Baca lagi Jawab Cancel reply Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Tampilkan semua Rekomendasi untuk Anda UPDATE ARSIP CARI SEMUA POS Not found any post match with your request Kembali Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy