$type=ticker$cols=4$label=hide$show=post

[Edisi Terbaru]_$type=three$m=0$rm=0$h=420$c=3$snippet=hide$label=hide$show=home

Khutbah Singkat Idul Fitri 1441: Cinta Allah Di Balik Musibah Covid-19


Assoc. Prof. Dr. H. Syamsul Hidayat, M.Ag
Korps Mubaligh Muhammadiyah Pusat
Pemimpin Umum Majalah Tabligh.


الحمد لله وحده صدق وعده ونصرعبده  وأعز جنده وهزم الأحزاب وحده.  وأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اللهم صل وسلم وبارك على حبيبك ورسولك محمد وعلى اله وأصحابه وجميع أتباعه الى يوم القيامةك.  فيا عباد الله أوصيني وإياكم بتقوى الله فقد فاز المتقون. كما قال تعالى فى كتابه الكريم : يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ
الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Maasyiral hadhirin, muslimin wa musliman
Alhamdulillah, kita  panjatkan puji dan syukur kepada Allah ta'ala, yang senantiasa melimpahkan nikmat kepada kita, khususnya nikmat Iman-Islam, dan beribu-ribu nikmat lainnya yang kita tak mampu menghitungnya. Shalawat dan salam semoga senantiasa terlimpah kepada manusia agung kekasih Allah, Muhammad Saw, atas perjuangannya menegakkan nilai-nilai kemanusiaan yang luhur dengan landasan panji-panji Islam yang senantiasa memancarkan rahmat kepada seluruh alam.

Hari ini kita merayakan Idul Fitri setelah kita berhasil menyempurnakan pelaksanaan ibadah Ramadhan. Kita menyadari bahwa  Ramadhan dan Idul Fitri kita kali ini berbeda dari Ramadhan dan Idul Fitri tahun sebelumnya. Karena tahun ini Ramadhan dan Idul Fitri bersamaan dengan datangnya musibah pandemi Covid-19 yang, wabah ini penyebarannya belum menunjukkan penurunan, mungkin ada daerah tertentu yang dianggap menurut, tetapi ada daerah lain yang justru naik, dan seterusnya. Efek musibah pandemi Covid-19 ini berupa munculnya rasa takut, rasa lapar karena kekurangan bahan makanan, berkurangnya jiwa dan juga berkurang penghasilan karena banyak yang kehilangan pekerjaan dan sebagainya. Kondisi ini sejalan dengan kalam Allah dalam al-Baqarah:

 وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَيْءٍ مِّنَ الْخَوْفِ وَالْجُوعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْأَمْوَالِ وَالْأَنفُسِ وَالثَّمَرَاتِۗ وَبَشِّرِ الصَّابِرِينَ  (البقرة: 155)
Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

Oleh Karena itu, pimpinan ormas Islam, seperti Muhammadiyah, NU dan MUI telah membagikan fatwa, himbauan dan tuntunan pelaksanaan Ramadhan dan Idul Fitri terkait ada musibah yang dahsyat ini. Sesuai fatwa dan tuntunan itu kita umat Islam diseyogyakan untuk menunaikan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri di rumah kita masing-masing. Tentu saja kita rindu kebersamaan dengan berjamaah di masjid-masjid kita, kita juga rindu ber-Idul Fitri dengan sanak kerabat, tetang dan handai taolan di lapangan. Namun semua dengan tawakkal 'alallah sementara dilaksanakan di rumah-rumah kita masing-masing.


الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Maasyiral hadhirin, muslimin wa musliman

Islam sebagai agama penyelamatan dan keselamatan mengajarkan untul mengutakan kemaslahatan ummat, dengan tetap menunaikan ibadah sesuai dengan kadar yang maksimal dari kemampuan yang kita miliki. Allah senantiasa memberi kemudian bisa datang kesulitan, pelaksanaan ibadah pun apabila kita mendapat kesulitan untuk menunaikannya Allah berikan kemudahan dan keringanan (rukhsoh). Sebagaimana ditegaskan oleh Allah :

يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ
Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. (Al-Baqarah: 185)

Itulah sebabnya Islam mengajarkan bahwa musibah itu hadir, karena dihadirkan oleh Allah Swt dan kehadiran musibah itu senantiasa dalam koridor kasih saying dan rahmat Allah. Oleh karena itu musibah sebagai ujian dan cobaan diturunkan kepada Allah kepada hamba-hambaNya justru untuk memberikan kekuatan dan peningkatan kapasitas kemampuan yang dimiliki oleh hambanya. Sebagaimana sabda Nabi Saw:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَالَ عِظَمُ الْجَزَاءِ مَعَ عِظَمِ الْبَلَاءِ وَإِنَّ اللَّهَ إِذَا أَحَبَّ قَوْمًا ابْتَلَاهُمْ فَمَنْ رَضِيَ فَلَهُ الرِّضَا وَمَنْ سَخِطَ فَلَهُ السُّخْطُ (رواه الترمذى وابن ماجه)
Dari Anas bin Malik dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda: "Besarnya pahala sesuai dengan besarnya cobaan, dan sesungguhnya apabila Allah mencintai suatu kaum maka Dia akan menguji mereka. Oleh karena itu, barangsiapa ridla (menerima cobaan tersebut) maka baginya keridlaan, dan barangsiapa murka maka baginya kemurkaan." (Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Dari Al-Baqarah 155 dan hadis Nabi diatas dapat diambil pelajaran penting, antara lain:
(1) musibah bagi umat beriman memiliki hikmah dan ibrah yang sangat besar, bahkan sebagai bagian dari kasih sayah dan rasa cinta Allah kepada hamba-hambaNya.
(2) dalam musibah terdapat pahala yang  besar dari Allah baik pahala ukhrawi, maupun pahala duniawi, pahala ukhrawi akan membawa kita kepada kedudukan mulia di sisi Allah di alam akherat, dan pahala dunia dapat berupa peningkatan kapasitas dalam menghadapi tantangan hidup, termasuk meningkatkan kualitas pribadi dalam mentaati ajaran agama kita.
(3) Sebagai orang beriman kepada Allah harus memiliki sikap ridha terhadap  ketetapan Allah berupa musibah ini, maka Allah pun akan meridhai kita. Ridha, dalam arti memiliki kesabaran yang tinggi, selalu berikhtiar berdasarkan hokum-hukum yang berlaku dalam sunnatullah.

الله أكبر الله أكبر ولله الحمد
Maasyiral hadhirin, muslimin wa musliman

Hikmah dan ibrah besar dari musibah ini apabila dipadukan dengan nilai-nilai Ramadhan kita tentu akan, in syaa Allah akan benar-benar meningkatkan kualitas iman dan taqwa kita kepada Allah Swt. Insyaallah pasca Ramadhan dan Pasca Covid-19 akan lahir the new normal yang diwarnai dengan manusia dengan keimanan dan ketaqawaan yang membaja.

Karena kerinduan yang mendalam akan masjid yang terpaksa kita "tinggalkan" selama masa pandemic, masjid-masjid kita akan menjadi lebih makmur sebagai pusat ibadah, pusat dakwah dan pusat peradaban kita, termasuk di dalamnya pusat kemajuan bangsa dan negara kita di bawah lindungan Allah yang Maha Pengampun.

Akhirnya marilah kita panjatkan doa kepada Allah, semoga ridha, dan maghfirah-Nya senantiasa terlimpah untuk kita semua.

اللهم صل وسلم وبارك على حبيبك ورسولك محمد وعلى اله وأصحابه أجمعين، وارحمنا برحمتك يا أرحم الراحمين، اللَّهُمَّ أَلِّفْ بَيْنَ قُلُوبِنَا، وَأَصْلِحْ ذَاتَ بَيْنِنَا، وَاهْدِنَا سُبُلَ السَّلَامِ، وَنَجِّنَا مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ، وَجَنِّبْنَا الوباء والبلاء والغلاء الْفَوَاحِشَ مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ من بلدنا خاصة ومن بلدان المسلمين عامة ، وَبَارِكْ لَنَا فِي أَسْمَاعِنَا، وَأَبْصَارِنَا، وَقُلُوبِنَا، وَأَزْوَاجِنَا، وَذُرِّيَّاتِنَا، وَتُبْ عَلَيْنَا إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيمُ، وَاجْعَلْنَا شَاكِرِينَ لِنِعَمِكَ مُثْنِينَ بِهَا عَلَيْكَ، قَابِلِينَ لَهَا، وَأَتِمِمْهَا عَلَيْنَا،
اللَّهُمَّ أَحْسِنْ عَاقِبَتَنَا فِى الأُمُورِ كُلِّهَا وَأَجِرْنَا مِنْ خِزْىِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ،  اللَّهُمَّ تَقَبَّلْ أَعْمَلَنَا فِي رَمَضَانَ ،  رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، سبحان ربك رب العزة عما يصفون وسلام على المرسلين والحمد لله رب العالمين

KOMENTAR


Nama

Buya Risman,36,Edisi Terbaru,39,Ekonomi Islam,8,Ghazwul Fikri,6,Infografis,3,Khazanah,8,Kolom,73,Konsultasi,4,Mutiara Takwa,5,Opini,9,Sains,4,Sajian Khusus,17,Sajian Utama,50,
ltr
item
Majalah Tabligh: Khutbah Singkat Idul Fitri 1441: Cinta Allah Di Balik Musibah Covid-19
Khutbah Singkat Idul Fitri 1441: Cinta Allah Di Balik Musibah Covid-19
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKeridpNCWm5JfeennW7YrQ15omdL_XQB-s1q5Z9axXUwkWFmqin4RtwI6OpOV796q_1q0iSbb5nk8JY3PvknsoV8uMQpr69tygKuewyt16B8ZhgZgFk791ueguoS3hEG8fp2qHyKVRYw/s320/futuristic-glowing-low-polygonal-coronavirus-cells_67515-841.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiKeridpNCWm5JfeennW7YrQ15omdL_XQB-s1q5Z9axXUwkWFmqin4RtwI6OpOV796q_1q0iSbb5nk8JY3PvknsoV8uMQpr69tygKuewyt16B8ZhgZgFk791ueguoS3hEG8fp2qHyKVRYw/s72-c/futuristic-glowing-low-polygonal-coronavirus-cells_67515-841.jpg
Majalah Tabligh
https://www.majalahtabligh.com/2020/05/khutbah-singkat-idul-fitri-1441.html
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/2020/05/khutbah-singkat-idul-fitri-1441.html
true
945971881399728876
UTF-8
Muat semua Tidak ditemukan TAMPILKAN SEMUA Baca lagi Jawab Cancel reply Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Tampilkan semua Rekomendasi untuk Anda UPDATE ARSIP CARI SEMUA POS Not found any post match with your request Kembali Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy