$type=ticker$cols=4$label=hide$show=post

[Edisi Terbaru]_$type=three$m=0$rm=0$h=400$c=3$snippet=hide$label=hide$show=home

Mengamalkan Pancasila Sebagai Bagian Dari Mengamalkan Ajaran Islam

Bagi umat Islam mengamalkan Pancasila adalah ibadah, karena mengamalkan sila-sila dari Pancasila sekaligus mengamalkan ajaran Islam, karena memang Pancasila itu digali dari nilai-nilai yang hidup dan berkembang di tengah masyarakat bangsa yang mayoritas muslim. 

Seandainya masyarakat bangsa Indonesia ketika menyusun dasar negara bukan masyarakat yang mayoritas muslim, sudah dapat dipastikan Pancasila dengan lima silanya itu tidak akan pernah ada di Indonesia. 

Baik dari segi isi dan redaksi sangat jelas bahwa Pancasila merupakan ratifikasi dari ajaran Islam. Hal tersebut dikemukakan dengan argumentasi sebagai berikut:

1. Ketuhanan Yang Maha Esa (YME), jelas ajaran tauhid di dalam Islam dan dalam sejarah perumusannya tidak terlepas dari pencoretan tujuh kata dalam "Piagam Jakarta" yang sebagai gantinya adalah Ketuhanan YME yang intinya adalah "Tauhid". Seandainya pada saat penyusunan dasar negara mayoritas penduduknya bukan muslim, sudah bisa dipastikan bahwa Sila Pertama tidak ada dan tidak bakal ada. 

2. Penggunaan kata Adil dan beradab pada Sila Kedua jelas diambil dari bahasa Arab, dan tidak ada kosa kata Adil dan Adab dalam bahasa selain Islam. Sedangkan Adil dan Beradab merupakan ajaran yang paling prinsip dalam Islam. 

3. Sekalipun kata "Persatuan Indonesia" tidak terambil dari kosa kata Arab, tetapi secara substansial ajaran persatuan merupakan inti dari ajaran Islam, karena Islam mewajibkan persatuan dan melarang perpecahan. 

4. Sila Keempat yang berbunyi " Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan " sangat jelas dan kental sekali dengan penggunaan kosa kata dan nomen klatur Islam; rakyat, hikmah, permusyawaratan dan perwakilan, adalah bahasa Arab dan bagian penting dari ajaran Islam. 

5. Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia adalah merupakan ajaran utama yang menjadi tolok ukur dari keberagamaan seorang muslim sebagaimana yang terdapat dalam QS Wal'Ashri, dan perintah yang sangat tegas dari Allah SWT untuk berlaku adil, jujur (ihsan) dan kepedulian sosial (baca QS An-Nahlu ayat 90). 

Jadi mengamalkan Pancasila sebagai bagian dari mengamalkan ajaran Islam, jadi bukan mengamalkan Islam bagian dari mengamalkan Pancasila, karena Islam adalah wahyu yang turun dari Allah SWT bersifat universal, sedangkan Pancasila digali dari nilai-nilai yang hidup di tengah masyarakat bangsa dan bersifat Nasional.

Pancasila adalah sumbangan umat Islam terbesar bagi bangsa dan negara Indonesia dengan kesediaan mencoret tujuh kata dalam "Piagam Jakarta" yang sebenarnya telah menjadi konsesus Nasional pertama yang sangat bersejarah dan diakui oleh Soekarno sebagai konsesus terbaik yang dicapai oleh bangsa Indonesia. 

Nashrun Minallahi Wa Fathun Qarieb!

 Risman Muchtar 
(Wakil Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah)

KOMENTAR

Nama

Buya Risman,29,Edisi Terbaru,12,Ekonomi Islam,7,Ghazwul Fikri,6,Khazanah,8,Kolom,60,Mutiara Takwa,5,Opini,7,Sains,4,Sajian Khusus,17,Sajian Utama,23,
ltr
item
Majalah Tabligh: Mengamalkan Pancasila Sebagai Bagian Dari Mengamalkan Ajaran Islam
Mengamalkan Pancasila Sebagai Bagian Dari Mengamalkan Ajaran Islam
https://1.bp.blogspot.com/-K5R89tXozhc/Xt0CBijFuJI/AAAAAAAABBI/yy-hECioQMoY4tL6i7XRVwJMdby6lSyVACPcBGAYYCw/s320/Risman-Muchtar-2020.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-K5R89tXozhc/Xt0CBijFuJI/AAAAAAAABBI/yy-hECioQMoY4tL6i7XRVwJMdby6lSyVACPcBGAYYCw/s72-c/Risman-Muchtar-2020.jpeg
Majalah Tabligh
https://www.majalahtabligh.com/2020/06/mengamalkan-pancasila-sebagai-bagian.html
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/2020/06/mengamalkan-pancasila-sebagai-bagian.html
true
945971881399728876
UTF-8
Muat semua Tidak ditemukan TAMPILKAN SEMUA Baca lagi Jawab Cancel reply Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Tampilkan semua Rekomendasi untuk Anda UPDATE ARSIP CARI SEMUA POS Not found any post match with your request Kembali Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy