$type=ticker$cols=4$label=hide$show=post

[Edisi Terbaru]_$type=three$m=0$rm=0$h=420$c=3$snippet=hide$label=hide$show=home

Pelajaran Berharga Dari Wabah Korona



ternyata manusia bertekuk lutut di hadapan sang maha kecil

Islam adalah agama yang mengajarkan optimisme dan berfikir positif. Allah melarang berputus asa sebagaimana firmanNya:
(یَـٰبَنِیَّ ٱذۡهَبُوا۟ فَتَحَسَّسُوا۟ مِن یُوسُفَ وَأَخِیهِ وَلَا تَا۟یۡـَٔسُوا۟ مِن رَّوۡحِ ٱللَّهِۖ إِنَّهُۥ لَا یَا۟یۡـَٔسُ مِن رَّوۡحِ ٱللَّهِ إِلَّا ٱلۡقَوۡمُ ٱلۡكَـٰفِرُونَ)
 Wahai anak-anakku! Pergilah kamu, carilah (berita) tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya yang berputus asa dari rahmat Allah, hanyalah orang-orang yang kafir.” [Surat Yusuf 87]

Allah SWT juga mengajarkan kita agar melihat sesuatu tidak secara emosional tetapi rasional, yaitu dengan menggunakan akal sehat. Melihat tidak hanya dengan mata lahir, tapi dengan mata batin, hati dan fikiran, sehingga mampu melihat apa yang ada di balik sesuatu.

Allah berfirman:
(كُتِبَ عَلَیۡكُمُ ٱلۡقِتَالُ وَهُوَ كُرۡهࣱ لَّكُمۡۖ وَعَسَىٰۤ أَن تَكۡرَهُوا۟ شَیۡـࣰٔا وَهُوَ خَیۡرࣱ لَّكُمۡۖ وَعَسَىٰۤ أَن تُحِبُّوا۟ شَیۡـࣰٔا وَهُوَ شَرࣱّ لَّكُمۡۚ وَٱللَّهُ یَعۡلَمُ وَأَنتُمۡ لَا تَعۡلَمُونَ)
 Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui. [Surat Al-Baqarah 216]

Manusia, siapapun tidak suka perang, karena perang adalah saling membunuh dan menghancurkan. Tetapi siapa yang bisa membantah bahwa kemerdekaan Republik Indonesia yang sekarang kita nikmati diraih melalui peperangan, yang dilakukan oleh para pahlawan bangsa, yang berani berkorban harta dan jiwa untuk kemerdekaan bangsa dan negaranya.

Begitu juga kedaulatan sebuah negara dapat dipertahankan haruslah dengan kekuatan dan keberanian, berperang melawan musuh yang melanggar kedaulatan negara. Sebagai bangsa kita harus berani menghadapi dan melawan siapapun dan bangsa apapun yang merusak kedaulatan bangsa kita, baik kedaulatan politik maupun kedaulatan ekonomi termasuk marwah atau harga diri sebagai bangsa yang merdeka.

Kita akan menjadi bangsa yang selalu terjajah dan akan dijajah lagi, jika bangsa ini menjadi bangsa yang penakut, apalagi dipimpin oleh manusia-manusia yang rakus kekuasaan dan kekayaan, yang setiap hari memburu harta dan kuasa, yang tidak segan-segan mengkhianati ideologi negara dan cita-cita bangsa untuk menjadi bangsa yang makmur dan sejahtera.

Secara umum manusia tidak suka  mushibah, tetapi ketika mushibah apapun kita lihat dengan semangat optimisme dan fikiran positif, mushibah akan mendatangkan keberkahan. Melalui wabah COVID-19, Allah SWT mengingatkan manusia tentang kelemahan dan keterbatasannya. Hanya menghadapi sebuah makhluk kecil saja yang tidak bisa terlihat kecuali dengan mempergunakan kaca pembesar, seluruh dunia menjadi kelimpungan, manusia kebingungan. Semua aktifitas kehidupan beralih hanya mengurus virus yang sangat kecil ini, transportasi terhenti, ekonomi stagnasi, akibatnya negara jadi sembrawut dan ekonomi jadi bangkrut.

Mana kedigdayaan manusia, mana negara adikuasa Amerika, mana kesombongan China yang merasa tidak ada satu kekuatan apapun yang bisa menghalangi kemajuan ekonominya di dunia. Semua bertekuk lutut di hadapan sang maha kecil yang bernama korona. Peta politik berubah, Amerika diguncang demo karena arogansi polisi membunuh seorang tokoh berkulit hitam, dan Donald Trump yang dianggap gagal mengendalikan penyebaran virus COVID-19. Peta ekonomi juga berubah, China mendapat penolakan serius di berbagai negara, antara lain Vietnam, Malaysia, Philipina, dan Negara India yang sudah siap berperang melawan China. Gelombang anti produk China bergejolak di mana-mana. Kapitalisme Komunisme China dianggap sebuah ancaman serius termasuk di Indonesia.

Mestinya wabah virus COVID-19 mampu memberikan pelajaran berharga kepada seluruh dunia bahwa manusia itu adalah makhluk yang sangat terbatas dan sangat lemah. Janganlah merasa sombong dan bersikap arogan dengan secuil kekuasaan dan kekayaan yang anda milliki. Apapun pangkat dan jabatan anda, sekalipun anda presiden di sebuah negara besar yang kaya raya, apalagi presiden di negara yang masih tergolong miskin, berapapun kekayaan yang anda miliki sekalipun anda orang paling kaya nomor satu di dunia, bagi Allah SWT Yang Maha Kuasa dan Maha Kaya, semua itu tidak ada harga dan nilainya, karena milik Allah semua apa yang di alam raya ini dengan milyaran planet, sedangkan bumi hanyalah satu dari sekian milyar planet yang ada di alam raya ini.

Patutkah manusia bersikap sombong di hadapan Allah dengan menentang syariat Allah SWT, atau merasa lebih mampu mengurus dunia, kemudian selalu bersikap apriori, benci dan anti tehadap segala sesuatu yang datang dari Allah SWT.?

Fa'tabiru ya ulil abshar, la'allakum turhamun

Risman Muchtar, M.Si.

KOMENTAR


Nama

Buya Risman,36,Edisi Terbaru,39,Ekonomi Islam,8,Ghazwul Fikri,6,Infografis,3,Khazanah,8,Kolom,73,Konsultasi,4,Mutiara Takwa,5,Opini,9,Sains,4,Sajian Khusus,17,Sajian Utama,50,
ltr
item
Majalah Tabligh: Pelajaran Berharga Dari Wabah Korona
Pelajaran Berharga Dari Wabah Korona
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiuxIKbZbh1R9Um-BggEQz9NW-zvqHs4tbHZ-BXdZYt7_UgOJZg8wB7YzrVeJ3hJlR9Y5PMIGWepJT-SsDg7JLBlXXcgS8o3ChOnZNBwX448xfoKwazSMQNY2bk6yblCg26SZdcW8Rops/s320/Risman-Muchtar-2020.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiiuxIKbZbh1R9Um-BggEQz9NW-zvqHs4tbHZ-BXdZYt7_UgOJZg8wB7YzrVeJ3hJlR9Y5PMIGWepJT-SsDg7JLBlXXcgS8o3ChOnZNBwX448xfoKwazSMQNY2bk6yblCg26SZdcW8Rops/s72-c/Risman-Muchtar-2020.jpeg
Majalah Tabligh
https://www.majalahtabligh.com/2020/06/pelajaran-berharga-dari-wabah-korona.html
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/2020/06/pelajaran-berharga-dari-wabah-korona.html
true
945971881399728876
UTF-8
Muat semua Tidak ditemukan TAMPILKAN SEMUA Baca lagi Jawab Cancel reply Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Tampilkan semua Rekomendasi untuk Anda UPDATE ARSIP CARI SEMUA POS Not found any post match with your request Kembali Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy