$type=ticker$cols=4$label=hide$show=post

[Edisi Terbaru]_$type=three$m=0$rm=0$h=420$c=3$snippet=hide$label=hide$show=home

Da'i Good Looking


Oleh, Fakhrurazi Reno Sutan
Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta,
Wakil Sekretaris Majelis Tabligh Pimpinan Pusat Muhammadiyah


Fachrul Razi sang menteri controversial, bagai tak layak menjabat sebagai Menteri Agama RI, karena sejak jadi menteri hanya sibuk mengurusi celana cingkrang, cadar, gamis, jenggot dan teranyar mengurusi wajah pengurus masjid.  Seolah-olah sakit hati melihat orang berwajah good looking, sehingga menghakimi sebagai radikal. Dia bagaikan benci dan dendam dengan masjid, majelis taklim dan pesantren, karena sering menyerang dan menuduh radikalisme. 
Kompas.TV, memberitakan bahwa Menag Fakhrul Razi kembali membuat kontroversi dengan pernyataannya. Bahwa dalam kewaspadaan radikalisme di aparatur sipil negara, dia meminta mewaspadai anak berpenampilan baik alis good looking. Menurut Menag, Salah satu kemungkinan yang harus di antisipasi adanya orang luar yang menjadi pengurus rumah ibadah di lingkungan pemerintah. Pola orang yang menyebarkan bibit radikalisme itu awalnya berpenampilan baik.
Lebih jauh sang menteri ini menjelaskan “cara masuk mereka gampang, kalau saya lihat polanya, pertama; dikirimkan seorang anak yang good looking, penguasaan bahasa arabnya bagus, hafiz, mulai masuk jadi imam, lama-lama orang situ bersimpati, diangkat jadi pengurus masjid, kemudian mulai masuk temannya dan lain sebagainya, mulai masuk ide-ide seperti yang kita takutkan,” paparnya. (kompas.tv 4-9-20).
Permasalahannya sekarang adalah apakah betul orang baik, berwajah good looking, hafiz Alquran, imam dan pengurus masjid  itu menakutkan dan tanda-tanda radikalisme ?  Jawaban kami adalah tidak betul. Baik secara akal sehat, bukti ilmiah dan fakta lapangan tidak ada yang dapat mendukung tesis menag Fakhrul Razi tersebut. Hanya beberapa penelitian sponsorship yang apologistik. Penelitian tersebut hanya mendukung prasangka penguasa islamo phobia, dengan mengajukan pertanyaan yang mengiring. Hal Ini sudah penulis buktikan dalam beberapa kali seminar hasil penelitian  di kementerian yang di komandoi Fakhrul Razi ini.  
Kalaupun ada yang setuju dengan tesis diatas, hanyalah kelompok anti islam atau Islamo Phobia, misalnya : pertama; penjajah Belanda pada masa lalu, mereka takut dengan gerakan kemerdekaan yang digelorakan oleh para pejuang dan mujahid islam. Belanda waktu itu mencap para pejuang Indonesia sebagai ektrimis, radikal dll. Kedua ; kelompok atheis dan PKI, karena mereka menganggap  hanya Islamlah lawan tanguhnya yang akan menghalangi mereka untuk mendirikan negara komunis di Indonesia. Umat Islam sering mereka tuduh anti pemerintah, anti pancasila dll. Ketiga kelompok sekuler radikal yang ingin menyingkirkan peran agama di negara NKRI.

Orang Baik Berwajah Good Looking
Kata mutiara bahasa Inggris yang sangat popular mengatakan “ Your outer beauty will capture the eyes, your inner beauty will capture the heart” Steven Aitchison, “Kecantikan luarmu akan memikat mata, namun kecantikan dalammu akan memikat hati).
Orang yang hatinya lembut adalah orang yang wajahnya berseri-seri dan sering tersenyum. Sebab keadaan hati itu adalah tercermin pada wajah. Dalam bahasa Indonesia ada ungkapan “ Yang lahir menunjukkan yang batin. Hati yang baik dan lembut akan memancarkan cahaya di wajah yang good looking, sebaliknya hati yang jahat dan kasar akan memancarkan cahaya wajah yang seram dan menakutkan.
Perumpamaan wajah dan keadaan hati
Bagaikan bulan purnama dan terangnya bumi.
Apabila bulan purnama memancarkan cahaya benderang,
Bumi menjadi terang malam bagaikan siang. (FRenS)
Begitulah perumpamaan wajah terhadap hati, semua yang disembunyikan hati akan tampak di wajah. Orang – orang yang memiliki bashirah mampu mengetahui isi hati seseorang hanya dengan melihat wajahnya. Ilmu ini juga diterapkan dalam kehidupan moderen, seperti dalam perbankan, petugas bank harus dapat melihat wajah orang yang bertransaksi, jika mencurigakan akan ditolak transaksinya, atau dilapor kepada pihak  keamanan. Dalam kegiatan penyelidikan dan penyidikan di kepolisian, meraka akan  membaca wajah seseorang, apakah bohong atau jujur. Di pengadilan juga biasa dipakai ilmu ini, hakim akan memperhatikan wajah dan bahasa tubuh terdakwa,  apakah terdakwa jujur atau bohong.
Dalam sebuah hadis, juga pernah diberitakan bahwa Rasulullah pernah mendoakan umatnya -yang artinya “Semoga Allah menjadikan berseri-seri wajah seseorang yang mendengar dari kami hadis, lalu dia menghafalnya kemudian menyampaikannya kepada orang lain. (HR. Tirmizi, Abu Daud, Ibnu Majah dari Zaid bin Tsabit). Hadis ini menjelaskan bahwa wajah berseri-seri bisa diperoleh seseorang yang mengahafal hadis nabi dan menyampaikannya  kepada orang lain dengan jujur, tidak ditambah dan tidak dikurangi..
Dalam hadis yang lain juga dijelaskan yang artinya : sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Alqur’an dan mengajar kannya. (HR. Bukhari). Hadis ini menjelaskan salah satu kebaikan adalah mempelajari Alqur’an dan mengajarkannya kepada orang lain. Jadi mengajarkan Alqur’an adalah baik, Mengajarkannya juga baik, bahkan menghafalnya juga baik. Jadi tidak hubungan kausalitas antara menghafal Alqur’an dengan radikalisme. Justeru orang-orang yang menghafal Alqur’an disenagi masyarakat.
Dalam sebuah hadis yang diterima dari Abu Musa Alasyary ra. Dia berkata, bahwa Rasulullah saw telah bersabda, yang Artinya : Perumpamaan seorang mukmin yang rajin membaca Alqur’an adalah bagaikan buah Atrujah, yang aromanya wangi dan rasanya enak. Perumpamaan seorang mukmin yang tidak mm Alqur’an bagaikan buah tamar, yang tidak ada aromanya, namun rasanya manis. Perumpamaan seorang munafiq yang rajin membaca Alqur’an bagaikan buah Raihanah, aromanya wangi namun rasanya pahit. Sedangkan perumpamaan seorang munafiq yang tidak rajin membaca Alqur’an bagai buah Hanzalah, idak ada aroma dan rasanyapun pahit. (HR. Bukhari dan Muslim).
Dalam pengamatan yang mendalam dari perspektif ajaran Islam,bahwa orang baik good looking, hafiz Alqur’an, Imam dan pengurus masjid adalah perbuaan baik dan bernilani ibadah. Juga dalam perspektif hukum poiif di Indonesia, perbuatan tersebu diatas adalah perbuaan yang sejalan degan dasar negara Pancasila dan UUD 1945. Jika ada yang mengkriminalisasi perbuatan mengamalkan Ajaran Islam ini lah yang tidak pancasilais.
Oleh sebab itu sepantasnyalah semua ormas Islam beramai-ramai memperbanyak generasi  muda Islam good looking, rajin mengaji, menghafal Alqur’an, mengurus Masjid, mendirikan pesantren dsb.  Sehingga suatu saat nanti negara Indonesia benar-benar Pancasila lahir batin. Pancasila tidak lagi diperas-peras sesuka hati, pancasila tidak lagi di bonsai dan dikerdilkan. Insyaallah Generasi Muda Islam Indonesia akan berperan aktif sebagai Dai Good Looking, kuat Iman, taat beribadah, berjiwa toleran dan saling bekerjasama dengan semua pihak untuk memajukan bangsa dan Negara Indonesia.  Wallahu a’lam. (FRenS).

KOMENTAR

Nama

Buya Risman,36,Edisi Terbaru,14,Ekonomi Islam,7,Ghazwul Fikri,6,Infografis,2,Khazanah,8,Kolom,70,Mutiara Takwa,5,Opini,7,Sains,4,Sajian Khusus,17,Sajian Utama,25,
ltr
item
Majalah Tabligh: Da'i Good Looking
Da'i Good Looking
https://1.bp.blogspot.com/-GVaO_ubjFO4/X1XjB8M63pI/AAAAAAAABQ0/eQdCOC6LpJwUOZfdN45BRFOb9gvPOSHvwCLcBGAsYHQ/s320/WhatsApp%2BImage%2B2020-09-06%2Bat%2B21.14.49.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-GVaO_ubjFO4/X1XjB8M63pI/AAAAAAAABQ0/eQdCOC6LpJwUOZfdN45BRFOb9gvPOSHvwCLcBGAsYHQ/s72-c/WhatsApp%2BImage%2B2020-09-06%2Bat%2B21.14.49.jpeg
Majalah Tabligh
https://www.majalahtabligh.com/2020/09/dai-good-looking.html
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/2020/09/dai-good-looking.html
true
945971881399728876
UTF-8
Muat semua Tidak ditemukan TAMPILKAN SEMUA Baca lagi Jawab Cancel reply Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Tampilkan semua Rekomendasi untuk Anda UPDATE ARSIP CARI SEMUA POS Not found any post match with your request Kembali Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy