$type=ticker$cols=4$label=hide$show=post

[Edisi Terbaru]_$type=three$m=0$rm=0$h=420$c=3$snippet=hide$label=hide$show=home

KAMBING HITAM: SEBUAH CATATAN KELAM

 


‘Kambing hitam’ adalah metafora yang merujuk kepada seseorang yang dipersalahkan untuk suatu kemalangan, biasanya sebagai cara untuk mengalihkan perhatian dari sebab-sebab yang sesungguhnya. Pengambinghitaman adalah tindakan yang menyatakan seseorang, sekelompok orang, atau sesuatu itulah yang bertanggung jawab atas sejumlah besar masalah.

Asal-usul metafora ini adalah seekor kambing yang dilepaskan ke padang gurun sebagai bagian dari upacara Yom Kippur, Hari Pendamaian, dalam Yudaisme pada masa Bait Suci di Yerusalem. Ritus ini dilukiskan dalam Kitab Imamat 16. Dalam teologi Kristen, kisah tentang kambing hitam dalam Kitab Imamat ditafsirkan sebagai perlambang pendahuluan dari pengorbanan diri Yesus, yang memikul dosa seluruh umat manusia, setelah digiring ke 'padang gurun' di luar kota berdasarkan perintah Imam Agung.

Lempar Batu Sembunyi Tangan

Kasus pengkambinghitaman banyak terjadi dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

Akhir tahun lalu, Taiwan melaporkan penularan lokal Covid-19 pertamanya sejak April 2020 dan menyalahkan seorang pilot asing. Dilansir Kompas.com dari AFP, transmisi lokal ini mengakhiri 253 hari bebas virus corona di pulau pimpinan Presiden Tsai Ing-wen itu. Otoritas kesehatan setempat mengatakan, seorang wanita berusia 30-an tahun dites positif virus corona setelah berkontak dengan pilot Selandia Baru, yang bekerja untuk sebuah maskapai penerbangan Taiwan.

Pada kasus dugaan korupsi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero), Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Demokrat Syarief Hasan meminta Presiden Joko Widodo tidak mencari 'kambing hitam'. Syarief merespons pernyataan Jokowi bahwa permasalahan di Jiwasraya sudah berlangsung selama 10 tahun. Presiden Joko Widodo menyinggung pemerintahan sebelumnya, Terkesan tidak merasa bersalah.

Trimester ke-3 tahun lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan pandemi virus Corona (Covid-19) menjadi pukulan berat bagi perekonomian Indonesia. Tidak hanya itu saja, pandemi juga menyebabkan pertumbuhan ekonomi dunia melambat. "Pertumbuhan yang biasanya positif, tapi karena pandemi ini pertumbuhan ekonomi dunia terkontraksi secara tajam," kata Presiden dalam pembukaan Muktamar IV PP Parmusi tahun 2020 secara virtual dari Istana Bogor, Jawa Barat, Sabtu (26/9/2020).

Kasus pemerintah yang menyalahkan masyarakat kerap terjadi sebagai pengkambinghitaman. Pepatah mengatakan “lempar batu, sembunyi tangan.”

"Peran pemerintah adalah membujuk (masyarakat) untuk menyalahkan diri sendiri," tulis ilmuwan politik Amerika Serikat Lawrence Mead dalam risalah pentingnya Beyond Entitlement (1986).

Namun, kredo "membujuk masyarakat untuk menyalahkan diri sendiri" menjadi cermin yang pas hari ini, terutama melihat strategi pemerintah Indonesia dalam menangani krisis pandemi akibat virus corona.

Di sisi lain, para pemangku kebijakan berusaha menjauhkan diri mereka dari konsekuensi kebijakan yang telah mereka ambil: kasus positif yang melonjak drastis, pengujian yang tak merata, kurangnya alat pelindung diri, banyaknya tenaga medis yang gugur, hingga ancaman krisis ekonomi. Di samping, mereka coba mencari kambing hitam atas situasi tersebut: masyarakat.

Ketika negara lain telah tumbang akibat infeksi virus corona tipe baru, pemerintah Indonesia malah dengan semangat mengucurkan dana secara jor-joran untuk influencer demi promosi pariwisata. Bagaimana cara pemerintah berlepastangan?

..Selanjutnya bisa dibaca pada edisi cetak..

KOMENTAR


Nama

Buya Risman,36,Edisi Terbaru,25,Ekonomi Islam,7,Ghazwul Fikri,6,Infografis,3,Khazanah,8,Kolom,72,Konsultasi,4,Mutiara Takwa,5,Opini,8,Sains,4,Sajian Khusus,17,Sajian Utama,36,
ltr
item
Majalah Tabligh: KAMBING HITAM: SEBUAH CATATAN KELAM
KAMBING HITAM: SEBUAH CATATAN KELAM
https://1.bp.blogspot.com/-TRxmTpU6JBI/YQOkE0l2ydI/AAAAAAAABfI/KmbGLUNj8qMtvN97f46iURDyW0lMKNElwCLcBGAsYHQ/s320/0-Cover-1-4_Page_1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-TRxmTpU6JBI/YQOkE0l2ydI/AAAAAAAABfI/KmbGLUNj8qMtvN97f46iURDyW0lMKNElwCLcBGAsYHQ/s72-c/0-Cover-1-4_Page_1.jpg
Majalah Tabligh
https://www.majalahtabligh.com/2021/07/kambing-hitam-sebuah-catatan-kelam.html
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/2021/07/kambing-hitam-sebuah-catatan-kelam.html
true
945971881399728876
UTF-8
Muat semua Tidak ditemukan TAMPILKAN SEMUA Baca lagi Jawab Cancel reply Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Tampilkan semua Rekomendasi untuk Anda UPDATE ARSIP CARI SEMUA POS Not found any post match with your request Kembali Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy