$type=ticker$cols=4$label=hide$show=post

[Edisi Terbaru]_$type=three$m=0$rm=0$h=420$c=3$snippet=hide$label=hide$show=home

KALEIDOSKOP UMAT ISLAM 2021

 


Pengertian kaleidoskop  secara sosial dapat  bermakna; aneka peristiwa yang telah terjadi yang disajikan secara singkat.  Atau juga bisa disimpulkan kaleidoskop adalah rekaman peristiwa penting yang menarik yang disajikan secara ringkas,  singkat dan padat. Ketika berbicara kaladaeskop tahun 2021, tentu seyogianya harus mencakup berbagai peristiwa penting dan menarik sepanjang tahun 2021 yang secara sosial, ekonomi dan politik sangat berpengaruh terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

Barangkali semua sepakat bahwa pandemi covid sepanjang tahun 2021 tetap menjadi peristiwa penting dan menarik yang telah mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara, baik dalam bidang sosial ekonomi dan politik. Secara kasat mata dapat dilihat dan dirasakan betapa pandemi covid sepanjang tahun 2020 dan 2021 telah memberikan pengaruh yang sangat kuat terhadap berbagai persoalan kehidupan sosial ekonomi dan politik, tidak hanya secara nasional tetapi juga bersifat global, karena pandemi covid telah menjadi ancaman bagi seluruh dunia.

Sebagai contoh kasus dalam dunia pendidikan bahwa dengan melakukan proses pendidikan sekolah secara daring atau online tanpa tatap muka antara guru dan muridnya, dan antara sesama murid telah menimbulkan perubahan sosial yang sangat mendasar dalam bangunan interaksi sosial dalam dunia pendidikan, seperti melemahnya tingkat kohesitas atau kedekatan secara psychologis  antara murid dan guru, dan antara murid dengan murid, pada hal pendidikan bukanlah hanya sebatas transfer Ilmu pengetahuan, tetapi pendidikan harus dilihat sebagai proses pemanusiaan menuju kesempurnaan baik secara fisik maupun psychis.

 

Sebagai manusia yang juga disebut makhluk sosial, tentu pendidikan sekolah selain dari proses transfer ilmu, maka pendidikan sekolah juga merupakan proses pendidikan secara sosiologis dan psychologis dengan tujuan agar anak didik mampu berperan dan memiliki jati diri sebagai makhluk sosial dan mampu berinteraksi dengan lingkungannya sesuai dengan nilai-nilai yang hidup dalam masyarakat.

 

Selama pandemi covid, pendidikan sekolah sebagai proses pembinaan dan pengembangan kepribadian anak didik dalam berinteraksi sosial dengan lingkungannya menjadi terkendala hampir selama dua tahun yang tanpa disadari melemahnya kohesitas interaksi sosial dan bersamaan dengan itu tumbuhnya sikap egoisme yang tentu secara sosial dapat melahirkan interaksi sosial yang negatif, karena setiap individu tidak memiliki kepekaan sosial yang baik, dan masing-masing individu hanya mementingkan urusannya sendiri, pada hal antara satu invidu dengan individu yang lain memiliki hubungan simbiosis mutualisme, karena tidak ada kesuksesan manusia yang diraih oleh manusia tanpa peran serta pihak lain, atau lebih tegas dapat dinyatakan bahwa manusia tidak bisa hidup tanpa ada manusia lain.

 

Roller Coaster, sebuah wahana permainan yang sering dijadikan tamsil bagi perjalanan seseorang dalam satuan tahun. Hal ini dikarenakan bentuk dan cara kerjanya yang naik turun dalam tempo cepat atau bisa juga mendaki lambat, tapi di turunan bak kilat menyambar. Perjalanan umat Islam di tahun 2021 juga demikian, naik turun dengan kecepatan fluktuatif. Berikut cuplikan peristiwa penting yang menimpa umat Islam di Indonesia sepanjang tahun 2021.

... Selengkapnya dapat dibaca pada edisi cetak Majalah Tabligh edisi DESEMBER 2021.

KOMENTAR


Nama

Buya Risman,36,Edisi Terbaru,39,Ekonomi Islam,8,Ghazwul Fikri,6,Infografis,3,Khazanah,8,Kolom,73,Konsultasi,4,Mutiara Takwa,5,Opini,9,Sains,4,Sajian Khusus,17,Sajian Utama,50,
ltr
item
Majalah Tabligh: KALEIDOSKOP UMAT ISLAM 2021
KALEIDOSKOP UMAT ISLAM 2021
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiqS0MzyGpfUrzwtqXF7ddsVsuQBWIO8v64CBG4D6Xupt2xoIHJunJ0U-yWkbAZsByfQo7fnVRITTi8ofN93KnsrI2wxlaIxqFWHP3OuT8jC62xQnFfueSZzWBEJrhgwrY5b4umSiRee23bT53K4tdnIY6SnIotU7BrnduMJQrp3MbQ5kE-xueNMuko=s320
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEiqS0MzyGpfUrzwtqXF7ddsVsuQBWIO8v64CBG4D6Xupt2xoIHJunJ0U-yWkbAZsByfQo7fnVRITTi8ofN93KnsrI2wxlaIxqFWHP3OuT8jC62xQnFfueSZzWBEJrhgwrY5b4umSiRee23bT53K4tdnIY6SnIotU7BrnduMJQrp3MbQ5kE-xueNMuko=s72-c
Majalah Tabligh
https://www.majalahtabligh.com/2021/12/kaleidoskop-umat-islam-2021.html
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/2021/12/kaleidoskop-umat-islam-2021.html
true
945971881399728876
UTF-8
Muat semua Tidak ditemukan TAMPILKAN SEMUA Baca lagi Jawab Cancel reply Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Tampilkan semua Rekomendasi untuk Anda UPDATE ARSIP CARI SEMUA POS Not found any post match with your request Kembali Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy