$type=ticker$cols=4$label=hide$show=post

[Edisi Terbaru]_$type=three$m=0$rm=0$h=420$c=3$snippet=hide$label=hide$show=home

KEMERDEKAAN YANG TERBUNGKAM


Merdeka sudah beberapa tahun ini menjadi jargon yang disebarluaskan oleh pemerintah; khususnya Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbud). Mulai dari Merdeka Belajar dengan mengubah Ujian Nasional menjadi asesmen kompetensi minimum dan survei karakter. Kemudian, Merdeka Belajar dengan memberikan kemudahan pelaksanaan pembelajaran di perguruan tinggi (Kampus Merdeka). Hingga, Merdeka Belajar berupa Program Organisasi Penggerak, dan Guru Penggerak.

Kemdikbud mencanangkan reformasi sistem pendidikan Indonesia melalui kebijakan Merdeka Belajar sejak tahun 2020. Tujuannya, untuk menggali potensi terbesar para guru-guru sekolah dan murid serta meningkatkan kualitas pembelajaran secara mandiri.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim menyampaikan, “Merdeka Belajar” juga menjadi semangat dan inspirasi untuk peningkatan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia di Indonesia.

Bangsa Indonesia mengenal semboyan kemerdekaan yang dibawa oleh Bapak Proklamator: berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan. Ini akan menjadi 3 ukuran kemerdekaan bangsa Indonesia; khususnya dalam konteks Sumber Daya Manusia Indonesia.

Berdaulat dalam Politik

Dalam urusan politik, kemerdekaan berserikat dan menyampaikan pendapat menjadi sangat mendasar dan strategis. Apalagi jika dikontekstualisasikan dengan pemilihan calon presiden. Aturan Presidential Threshold (PT) yang mensyaratkan 20% suara partai poitik dinilai membatasi jumlah calon presiden dan membungkam aspirasi masyarakat dalam mengusulkan tokoh-tokoh terbaik yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.

Gugatan PT 20 persen masih terus berdatangan, meski Mahkamah Konstitusi (MK) berulang kali menolaknya. Terakhir diajukan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berharap presidential threshold jadi 7 persen. PKS merasa dirugikan karena sebagai oposisi tidak bisa mengajukan calon presiden sendiri. Permohonan itu kini masih diperiksa oleh MK. Bahkan tidak sedikit yang menginginkan agar PT menjadi 0 (nol) persen.

Sungguh kita semua bangga Ketika pemerintah tetap bisa independent dan bebas-aktif dalam merespon konflik Rusia-Ukraina. Akan tetapi kita masih tetap bergantung pada politik Amerika dan China.

Berdikari dalam Ekonomi

Dalam urusan ekonomi, kemerdekaan untuk berusaha dan kemudahan dalam akses sarana pemenuhan kebutuhan pokok menjadi hal yang mutlak untuk disediakan. Tanpa hal tersebut, angka agregat dan statistik kemiskinan serta suku bunga, hanya bualan belaka. Merdeka dalam berekonomi berarti mandiri secara ekonomi dan mampu untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

... Selengkapnya bisa dibaca pada edisi Cetak..

KOMENTAR


Nama

Buya Risman,36,Edisi Terbaru,39,Ekonomi Islam,8,Ghazwul Fikri,6,Infografis,3,Khazanah,8,Kolom,73,Konsultasi,4,Mutiara Takwa,5,Opini,9,Sains,4,Sajian Khusus,17,Sajian Utama,50,
ltr
item
Majalah Tabligh: KEMERDEKAAN YANG TERBUNGKAM
KEMERDEKAAN YANG TERBUNGKAM
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR667xrsdenfbZ963kmwDdyU4GPFyQnwNxqohBzZEOYr_QeusYi6tk5dwco79ZuudFNJZkPmX-MVgK9nc_9pNQ0HPuX0hPtWBOXouX_vqo1yTiwNz5YY87rYeMlK5BA7GkRSRKlx526Z80Jyc6cfMXLVNuEYsT5M0j0d-EmVS513V6ryL3WVFg1WGx/s320/0-Cover-1-4_001.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR667xrsdenfbZ963kmwDdyU4GPFyQnwNxqohBzZEOYr_QeusYi6tk5dwco79ZuudFNJZkPmX-MVgK9nc_9pNQ0HPuX0hPtWBOXouX_vqo1yTiwNz5YY87rYeMlK5BA7GkRSRKlx526Z80Jyc6cfMXLVNuEYsT5M0j0d-EmVS513V6ryL3WVFg1WGx/s72-c/0-Cover-1-4_001.jpg
Majalah Tabligh
https://www.majalahtabligh.com/2022/08/kemerdekaan-yang-terbungkam.html
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/
https://www.majalahtabligh.com/2022/08/kemerdekaan-yang-terbungkam.html
true
945971881399728876
UTF-8
Muat semua Tidak ditemukan TAMPILKAN SEMUA Baca lagi Jawab Cancel reply Hapus Oleh Beranda PAGES POSTS Tampilkan semua Rekomendasi untuk Anda UPDATE ARSIP CARI SEMUA POS Not found any post match with your request Kembali Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy